Aturan Penting Minum Jus Yang Harus Anda Ketahui

Aturan Penting Minum Jus Yang Harus Anda Ketahui - Meminum jus merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Tetapi, jangan sampai salah mengolahnya, karena jus yang diolah dengan tidak baik akan mengurangi manfaat yang bisa kita dapatkan pada tubuh. Ternyata ada aturan meminum jus agar manfaatnya agar manfaatnya maksimal.

Meminum jus sangat membantu kita memperoleh manfaat dari buah dengan praktis. Kita bisa memperoleh manfaat dari berbagai macam buah tanpa harus memakannya satu per satu.

Aturan Penting Minum Jus

Aturan Penting Minum Jus Yang Harus Anda Ketahui


Nilai jus berkurang bilang diolah dengan cara yang tidak benar dan waktu yang tidak tepat. Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, berikut beberapa aturan penting minum jus :

Jus Asam Bukan Untuk Pagi Hari

Enak memang rasanya meminum jus di pagi hari, bahkan minum jus di pagi hari adalah waktu yang tepat karena jus buah mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem penceranaan tubuh.

Hindarilah buah-buahan asam untuk jus di pagi hari agar tidak sakit perut.

Jus bukanlah Pengganti Makanan

Saat sedang menjalani diet untuk kesehatan, boleh saja Anda mengganti makan malan Anda dengan segelas jus yang bernutrisi. Tetapi tidak dianjurkan untuk menggantikan makan siang dan sarapan hanya dengan minum jus yang berutujuan untuk menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi yang didapat dari makanan lain juga harus dipenuhi.

jus


Jus tidak bisa mengganti sepenuhnya makanan lain karena jumlah minumum kalori yang sebanyak 1.800 kkal tidak akan cukup dengan hanya minum jus. Justru hal ini akan berakibat kekebalan tubuh yang akan berkurang.

Meskipun berat badan bisa berkurang secara dratis tapi berat badan akan kembali naik setepah makan dengan pola makan semula. Hal ini dikarenakan minum jus tidak mengurangi lemak tetapi hanya mengurangi kandungan air di dalam tubuh.

Jus bukan pengganti buah

Tidak baik jika kita terus-terusan menkonsumsi jus tanpa menkonsumsi buah secara langsung, pasalnya dapat meningkatkan berat badan. Kenapa kita perlu menkonsumsi buah secara langsung? Jawabannya karena pada saat kita menkonsumsi buah secara langsung, lanmbung akan bekerja di saat mengunyah buah kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah menkonsumsi buah segar secara langsung.

Minum jus beserta ampasnya

Jika Anda membuat jus menggunakan juicer maka ampasnya akan terpisah. Meskipun terasa tidak enak, jangan dulu membuang ampas yang telah terpisah. Dan jika menggunakan blender, jangan disaring hanya untuk mendapatkan airnya saja, biarkan ampas tercampur dan diminum. Ampas buah mengandung serat dan vitamin, dan umumnya mengandung vitamin C.

Jangan simpan jus dalam waktu lama

Jus yang sudah dibuat sebaiknya cepat diminum. Membuat jus baru lalu meminumnya di siang atau sore hari dapat menurunkan manfaat yang di dapat dari jus. Oksigen dan ultraviolet dapat merusak vitamin yang ada. Jika berencana untuk tidak meminum jus saat itu juga, maka dianjurkan untuk mendinginkan jus sedingin mungkin, kemudian simpanlah dalam termos alumunium yang tertutup rapat.

Perlindungan dari cahaya dan kondisi dingin dapat membantu mengawetkan vitamin pada jus selama 4 jam.

Jus tidak selalu rendah kalori

Tidak semua buah rendah kalori akan membantu diet Anda. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kandungan kalori yang tinggi, yakni sektiar 200 kkal. Jika ingin minum jus rendah kalori maka dapat menkonsumsi buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, maka sebaiknya pilihlah jus dengan kalori rendah.

Jus tidak selalu harus buah

Selain buah, sayur mayur juga dapat dibuat menjadi bus. Kombinasikan dengan buah untuk mengatasi rasa pahit yang ditimbulkan sayur-sayuran.

buah jus


Tidak hanya sayur, jus juga bisa dikombinasikan  dari bermacam-macam buah dan rempah. Contohnya, dengan menambahkan jahe yang dapat menghangatkan tubuh juga menambah daya tahan tubuh Anda.

Jus menggunakan buah segar

Gunakanlah buah dan sayuran yang segar guna mendapatkan khasiat yang maksimal. Jangan hanya karena melihat sayur atau buah yang mulai sayu lalu karena sayang makanya dibuat jus. Justru ini akan menurunkan kualitas jus.

Jus dengan berbagai variasi

Jangan membuat jus dengan buah yang itu-itu saja, karena dapat memicu rasa bosan untuk minum jus. Misalnya karena menyukai alpukat, maka setiap hari hanya menkonsumsi alpukat saja. Ganti dengan buah lain yang mempunyai vitamin dan mineral berbeda agar tubuh memperoleh manfaat. Menkombinasikan bermacam-macam buah dalam satu gelas jus adalah cara praktis supaya tubtuh mendapatkan manfaat dalam sekali teguk.

Jus dengan tambahan susu, madu, atau gula

Untuk menambah kenikmatan jus, biasanya kita menambahkan gula, madu, ataupun susu ke dalam jus. Namun perhatikan banyaknya pemanis tersebut jika Anda ingin menambahkannya. Jika Anda ingin menambahkan gula, ingatlah terlebih dahulu berapa banyak gula yang sudah Anda konsumsi hari ini.

Idealnya tubuh manusia hanya boleh menkonsumsi 50 gram gula per hari. Satu sendok teh gula mempunyai berat sekitar 4 gram. Jika dari pagi hari Anda sudah menikmati makanan yang mengandung banyak gula seperti ice cream, kue, cake atau teh manis, maka sesuaikanlah takaran gula yang akan Anda tambahkan ke dalam jus agar tidak menkonsumsi gula berlebih.

Madu merupakan pemanis alami yang mengandung minera, vitamin, asam amino, protein, dan karbohidrat, tetapi madu mengandung kalori yang lebih besar dibandingkan gula. Satu sendok madu mengandung 64 kkal. Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan madu dalam porsi sedikit karena madu terasa lebih manis dari pada gula.

Menambah susu ke dalam jus membuat jus semakin kaya akan protein, kalsium dan lemak dari susu, dan yang perlu diperhatikan adalah jenis susu yang akan ditambahkan. Gunakanlah susu full cream jika tidak ada masalah dengan berat badan. Kebalikan dari susu full cream adalah menggunakan susu low fat jika ingin menajga berat badan tubuh dan agar lemak tidak berlebih.


Pilihlah Jus yang tepat


Dengan menkonsumsi jus maka dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kesehatan. Pilihlah buah yang sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya, jus untuk melangsingkan tubtuh atau menurunkan berat bada. Dengan mengikuti aturan yang benar saat minum jus makan akan terasa manfaatnya bagi tubtuh Anda.

KESALAHAN UMUM MINUM JUS

KESALAHAN UMUM MINUM JUS


Meminum jus memang menyehatkan, apalagi bila kita meminum jus yang kita suka. Tapi banyak orang membuat kesalahan saat membuat dan meminum jus.

Jangan meminum jus saat perut kosong

Jus yang segar seharusnya hanya dikonsumsi pada saat perut yang kosong karena bila dikonsumsi setelah makan dapat mengakibatkan sakit perut. Minum jus pada perut yang kosong membuat vitamin dan minerat yang ada dalam jus langsung menuju ke aliran darah. Dengan menkonsumsi makanan terlebih dahulu akan membuat peruat Anda mencegah penyerapan nutrisi langsugn dari jus.

Mencampurkan terlalu banyak buah dan sayuran manis

Buah yang manis dan sayuran seperti semangka, aple, pir, dan wortel sangatlah bernutrisi jika dikonsumsi secara keseluruhan, tapi jika Anda menkonsumsi terlalu sering dalam jus, kadar gula dan fruktosa yang Anda tambahkan pada menu diet Anda akan berlebih.

Jika jus mengandung terlalu banyak gula alami dapat menyebabkan level insulin yang tinggi yang menyebabkan kegemukan.

Tidak mengunyah jus

Jus dan makanan halus lainnya seharusnya dikunyah terlebih dahulu sebelum dimakan. Sangatlah penting untuk mengunyah jus di mulu terlebih dahulu dan menggerakkan rahan ke atas-bawah selama beberapa detik sebelum menelannya, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan air liur yang mengandung enzim pencernaan.

Enzim pencernaan membantu dalam mengirimkan nutrisi ke dalam sel tubuh Anda.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »