20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh - Sakit gigi memang terasa tidak enak, apalagi rasanya yang nyut-nyutan sering kali menganggu kita untuk beraktifitas. Sakit gigi disebabkan oleh masalah pada gigi dan rahang, misalnya gusi bengkak atau penyakit, rahang, gigi yang bengkak dan lainnya. Meskipun keliatan sepele, ternyata sakit gigi bisa juga mengakibatkan penyakit jantung dan stroke, oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan penyakit ini.

sakit gigi

Penyebab sakit gigi


1. Kerusakan gigi

Salah satu penyebab sakit gigi adalah kerusakan gigi yang sering dialami banyak orang. Semula muncul lubang gigi kecil yang tanpa disadari lubang tersebut bertambah besar dan menembus email gigi mencapai lapisan dentin gigi yang mengakibatkan gigi menjadi sensitif yang akan menyebabkan rasa sakit pada gigi.

Setelah itu gigi akan berlubang menuju lapisan terdalam gigi dan dapat menyebabkan rasa sakit gigi yang tidak berkesudahan dan merasakan sakit yang berdenyut. Jaringan pulpa tidak berfungi apabila terjadi infeksi pada gigi berlubang sehingga mengakibatkan nanah pada bagian bawah akar gigi.

2. Erosi gusi

Menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat dapat menyebabkan erosi pada bagian gusi yang mengakibatkan erosi pada bagian akar gigi. Hal ini menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap makanan yang terasa dingin, panas, dan asam. Selain itu, minuman dan makanan yang asam juga dapat memperburuk keadaan gigi.

3. Gigi miring

Struktur gigi yang miring atau tidak rata bisa menyebabkan rasa sakit pada gigi. Rasa sakit ini disebabkan pada saat gigi mengunyah makanan, tekanan yang tidak merata pada gigi yang miring menyebabkan rasa sakit.

4. Gusi bengkak

Gusi yang bengkak dapat pula mengakibatkan rasa sakit pada gigi, hal ini dikarenakan jika bagian gusi mengalami peradangan menyebabkan bengkak sehingga menjadikan gusi mengalamai infeksi dan gigi yang berhubungan gengan gusi akan terasa sakit.

5. Benturan pada gigi

Gigi yang pernah terbentur sebeulmnya menyebabkan gigi bergoyang dan patah.

6. Tumbuh gigi bungsu

Ketika gigi bungsu atau graham tumbuh biasanya akan menimbulkan rasa sakit, hal ini disebabkan karena gigi bungsu tersebut tidak punya ruang yang cukup untuk tumbuh sehingga mengakibatkan tekanan pada gigi yang berdekatan yang akan memicur timbulnya rasa sakit.

7. Perawatan Ortodontik

Pada saat melakukan perawatan ortodontik atau memasang kawat gigit dalam mensejajarkan gigi menggunakan kawat dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi meskipun tidak berlangsung lama.

Gejala dan Tanda Sakit Gigi


Rasa sakit pada bagian rahang dan gigi adalah pertanda umum adanya gejala sakit gigi. Dan jarang sekali seseorang merasakan kesakitan dari rasa dingin atau panas yang ditimbulkan dari makanan atau minuman. Tetapi, jika perasaaan sakit terus menerus berlangsung selama lebih dari 15 detika makan dapat diindikasikan sebagai masalah yang serius.

Jika terjadi peradangan yang parah pada gigi, rasa sakit dapat menyebar ke pipi, telinga, atau bahkan rahang. Gejala dan tanda sakit gigi meliputi hal berikut ini:

  • Rasa sakit ketika mengunyah
  • Sensitif terhadap rasa panas atau dingin
  • Pendarahan di sekitar gigi
  • Pembengkakan di sekitar gigi atau rahang

20 Obat sakit gigi yang paling ampuh

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh


1. Membersihkan mulut dan gigi

Bakteri pada mulut adalah penyebab utama terjadinya sakit gigi karena dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dan gigi. Jadi rajinlah membersihkan mulut setelah makan.

2. Jeruk Nipis

Teteskan sampai habis sesendok demi sesendok jeruk nipis pada gigi yang terasa sakit setiap 10 menit,. Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat meredakan rasa sakit pada gigin.

3. Garam

Selain terasa asim, garam juga dapat mengobati sakit gigi, kandungan yodium di dalamnya dapat meringankan rasa ngilu pada gigi. Caranya, larutkan garam dalam segelas air hangat lalu aduk rata, setalah itu gunakan sebagai obat cuci mulit sampai terasa mendingan. Dan ingat, jangan telan garam yang digunakan untuk berkumur, karena penyebarannya tidak samapi pada sela gigi.

4. Belimbing Wuluh

Makan buah belimbing wuluh dengan menggunakan garam, kunyah perlahan gengan menggunakan gigi yang sedang sakit.

5. Cengkeh

Cengkeh memiliki anti-inflamasi, antioksidan, anti bakteri, dan sifat anestasi yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara menggunakanya dengan menyemprot sedikit minyak cengkeh pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit, dapat juga dicampurkan dengan meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh ke galam gelas berisi air untuk berkumur.

6. Bawang putih

Rasa sakit pada gigi yang dapat dikurangi gengan menggunakan bawang putih karena mengandung sifat antibiotik. Tumbuk sampai halus satu siung bawang putih dan tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukan selama beberapa hari.

7. Bawang merah

Bawang merah mengandung sifat antiseptik dan antimikroba yang bisa menangani rasa sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit gigi pada bawang merah, dapat dilakukan dengan cara mengunyah satu siung bawang merah mentah selama beberapa menit sampai rasa sakit paga gigi mereda. Selain dikunyah, dapat juga digosokan pada gigi yang sakit. Dengan melakukan cara-cara tesrebut dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa dapat menyembuhkan sakit gigi, cara menggunnakannnya adalah dengan mengunya satu atau dua lembar daun jaumbu biji, gosokkan pada gigi yang tereasa sakit atau bisa juga dengan dimasak dan ditambahkan dengan garam sampai mendidih 4-5 daun jambu biji pada segelas air.

9. Lada

Lada adalah obat yang berguna bagi gigi sensitif, gunakan dengan cara campurkan merica dan garam dalam jumlah yang sama dan teteskan air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta pada gigi yang terasa sakit dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan setiap hari hingga sakit mulai berkurang.

10. Biji asam jawa

Sangrai biji asam jawa lalu haluskan sampai sehalus mungkin dan oleskan pada gigi yang terasa sakit.

11. Biji alpukat

Biji alpukat ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk sakit gigi, caranya dengan mencuci 1 biji alpukat sampai bersih, lalu keringkan dan sangrai sampai kering sekali. Haluskan biji alpukat tersebut sampai membentuk bubuk. Gunakanlah bubuk itu untuk dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang atau dengan mengoleskan pada gigi yang sakit.

12. Daun Inggu Kering

Tumbuhan yang satu ini sangatlah terdengar asing di telinga kita, tapi ternyata tumbuhan ini punya banyak khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya dengan merebus daun inggu kering ke dalam panci yang berisi 2 gelas air hingga mendidih. Saringlah air dari daunnya dan gunakan untuk berkumur.

13. Minyak batok kelapa

Cara penggunaan: ambil satu bagian batok kelapa dan bakar sampai minyaknya keluar, gunakan kapas untuk mengambil minyak tersebut, lalu tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Maka rasa sakit gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.

14. Bunga matahari

Selain sebagai tanaman hias, bunga matahari juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya dengan merebus bunga matahari 50 gram bersama dengan jahe sebanyak 5 gram dalam 600 cc air hingga mendidah dan sisakan 300 cc saja. Saringlah air rebusan dan minum selagi masih hangat.

15. Teh hangat tanpa gula

Pergunakan air teh untuk berkumur dan biarkan selama 15 menit. Setalah itu, letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

16. Cabe rawit

Bagi para penggemar menu kuliner yang oedas cabe rawit merupakan salah satu bumbu wajib yang harus ada, tetapi dibalik kepedasan dan bentuknya yang mungil itu terkandung banyak khasiat kesehatan salah satunya untuk menyembuhkan sakit gigi.

Cara pengobatan: tumbuklah cabe rawit di dalam air panas, dan gunakan kapas untuk mendapatkan seduhan itu, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Selain itu juga dapat digunakan untuk berkumur.

17. Getah jarak

Pohon jarak adalah salah satu jenis pohon yang termasuk ke dalam kategori apotek hidup, yang berarti dapat digunakan sebagai pengobatan. Dan salah satu manfaat yang paling terkenal adalah untuk pengobatan gigi. Getah jarak dapat diperoleh dengan memotong bagian daun atau batang dari tanaman jarak.

Untuk pengobatannya, teteskan sedikit demi sedikit getah jaraka pada gigi yang terasa sakit, atau gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi berlubang.

18. Akar meniran

Meniran adalah tanaman liar yang tumbuh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, sampping, pagar, dan tempat umum lainnya. Meskipun tanaman liar, ternyata meniran mengandung khasiat obat yang berguna sekali bagi kita.

Untuk pengobatannya, bersihkan akar meniran dan kunyah menggunakan gigi yang sakit, setelah itu berkumurlah dengan air.

19. Akar kangkung

Kangung adalah sayuran yang mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Untuk penggunannya, dengan cara membersihkan akar kangkung terlebih dahulu dan rebus dalam segalas air, tambahkan setengah sendok cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

20. Serai

Bagi orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan daun serai, daun serai adalah salah satu bumbu yang sering digunakan untuk berbagai masakan Indonesia. Selain dapat digunakan untuk memasak, daun serai juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Untuk pengobatannya dengan cara merebus sereh dalam 2 gelas air sampai mendidik, dan gunakan untuk berkumur setiap hari sampai rasa sakit gigi hilang.

Baca juga : 5 Cara Merawat GIGI agar tetap sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »