5 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

5 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat - Gigi adalah organ yang penting karena perannya yang sangat penting untuk melumat makanan. Kesehatan gigi sangat perlu kita jaga, karena gigi seringkali terkontak dengan bakteri karena mulut adalah pintu masuk bakteri ke dalam tubtuh kita.

Gigi juga memengaruhi penampilan kita, semakin rapi dan putih gigi kita maka kita akan merasa percaya diri dengan penampilan kita, apalagi bila tersenyum. Namun jika sudah terjadi masalah pada gigi Anda seperti gigi berlubang terasa nyeri, sebaiknya mulailah melakukan perawatan yang insentif.


5 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat


5 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat


1. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari

Setidaknya sikatlah gigi selama dua menit, kebanyakan orang menyikat gigi mereka kurang dari dua menit. Gosoklah gigi dengan pola memutar mutar dan jangan menyikat gigi gigi maju mundur. Untuk menghindari

2. Gunakan benang untuk menghilangkan plak di antara gigi

Sebelum menggunakan tangan, jangan lupa cuci tangan terklebih dahulu. Siapkan benang yang lumayan panjang. Bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang secara perlahan agar tidak melukai gusi Anda.

3. Hindari makanan manis untuk mencegah kerusakan gigi

Memakan terlalu banyak makanan manis bagaiakan kita memasukkan bakteri ke dalam mulut. Bakteri menyebabkan plak yang digunakan gula dari makanan sehingga mengubahnya menjadi asam. Asam akan melemahkan email gigi Anda hingga menyebabkan karies. Oleh karena itu, semakin sering Anda makan makanan yang manis maka semakin banyak asam yang Anda hasilkan.

4. Hindari merokok dan minuman keras agar gigi tidak kuning

Setiap kali Anda merokok, maka semakin banyak senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh Anda. Bahan kimia tersebut disebut dengan sitotoksik yang merupakan senyawa berbaha bagi sel tubuh Anda. Senyawa ini memengaruhi pembuluh darah yang ada di dalam tubuh.

Bahan kimia yang berasal dari rokok menyebabkan perubahan warna pada gigi Anda. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda minum minuman keras. Cairan berwarna dari wine, beer dan minuman keras lainnya dapat mengotori gigi Anda yang menyebabkan bau mulut.

5. Gunakan obat cuci mulut agar gusi tetap sehat

Obat kumur membantu Anda mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut Anda. Obat kumur juga akan menyegarkan nafas Anda. Terdapat beberapa obat kumur yang di jual di pasaran. Ada yang bebas alkohol dan yang mengandung anti plak. - 5 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Baca juga : 20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »