Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Diabetes

Khasiat daun jambu biji ternyata ada banyak sekali. Banyak produsen yang memanfaatkan daun jambu biji untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Selain itu yang dapat kita ambil dari pohonnya, daunnya juga sangat berguna dalam masalah kesehatan, terutama dalam mengobati diabetes.

Khasiat Daun Jambu Biji


Tanaman jambu yang memiliki daun muda banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di negara tropis. Daun ini mengandung zat-zat yang bermanfaat, seperti anti-oksidan, vitamin C dan falvonoid seperti quercetin.
Berikut khasiat daun jambu biji :



1. Mengendalikan kolesterol

Dengan meminum daun teh jambu dapat merubah kadar kolesterol dan trigliserida. Dalam penelitian yang diikuti peserta yang meminum teh daun jambu biji memiliki kadar kolesterol yang rendah, dan menurut artikel yang diterbitkan dalam "Metabolisme dan Nutrisi" pada Februari 2010.
Percobaan lain dengan studi panjang mulai dari 4 minggu hingga 12 minggu menunjukkan manfaat yang sama.

2. Mengatasi Diare

Teh daun jambu dapat menghambat bakteri penyebab diare. Dengan meminum teh daun jambu, penderita diare akan mengeluarkan tinja yang sedikit, mengurangi nyeri perut, tinja tidak encer dan cepat pulih, dilansir drugs.com. Studi yang dipublikasikan "Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo" tahun 2008 membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus penyebab umum diare.

Peneliti juga membuktikan bahwa khasiat daun jambu biji membunuh bakteri penyebab infeksi diare. Beberapa studi klinis seperti "hinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine" juga mendukung bukti tersebut. Dalam penelitian tersebut subyek diberi ekstrak daun jambu biji menjadi lebih cepat sembuh dari infeksi diare dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak tersebut.

3. Memengaruhi Kardiovaskuler

Teh daun jambu biji berkhasiat bagi kesehatan sistem peredaran darah dan jantung, menurut penelitian dan beberapa penelitian kecil klinis. Senyawa yang terkandung dalam daun jambu biji membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, selain itu menurut studi laboratorium "Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology" di tahun 2005, membuktikan bahwa hewan yang memakan ekstrak daun jambu biji akan mengurangi tekanan darah dan denyut jantungnya.

4. Mengatasi Diabetes

Flavonoid dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah. Review yang dilakukan Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa daun jambu biji mengambar enzim yang berbeda dengan konserversi karbohidrat menjadi glukosa yang bisa memicu melambatnya penyerapan ke dalam darah.

Serangkaian uji klinis yang dilakukan di Jepang mendukung adanya kandungan anti diabetes jambu biji. Laporan tersebut menunjukkan dengan minum teh secara teratur membantu glukosa darah menjadi lebih rendah dengan diabetes tipe 2, dibanding subyek yang tidak mengonsumsi daun teh jambu biji

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Wajah

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Wajah


1. Mengobati bintik hitam dan jerawat

Daun jambu biji dapat menghilangkan jerawat dan bintik hitam di kulit karena daun jambu biji mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.
Tumbuk daun jambu biji dan terapkan pada bintik gelap serta jerawat. Bilas dengan air dan lakukan secara teratur.

2. Awet Muda

Daun jambu biji mengandung antioksidan penghancur radikal bebas perusak kulit, sehingga dapat melindungi kulit dari penuaan, meningkatkan warna kulit dan tekstur.
Terapkan hasil rebusan daun jambu biji pada kulit.

3. Mengobati Rambut rontok 

Rebus segenggam daun biji dalam satu liter air dalam kurun waktu 20 menit. Setelahnya, dinginkan dan terapkan pada kulit sambil memijatnya, hal ini untuk mengobati rambut rontok.

Itu dia berbagai penyakit yang bisa diobati dan diminimalisir efeknya dengan menggunakan khasiat daun jambu biji.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »