Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil - Kaki bengkak dapat terjadi pada saat hamil 4 bulan, 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan,9 bulan, bahkan setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena hormon yang terpicu pada saat hamil dan penumpukan cairan yang berlebih pada kaki.


Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab kaki bengkak saaat hamil

Umumnya, kaki bengkak pada saat hamil terjadi karena ada penumpukan cairan yang berlebihan di kaki. Hormon yang terjadi pada saat kehamilan akan menyebabkan tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak. Dan gaya gravitasilah ayng menjadikan cairan terkumpul pada kaki ibu hamil.

Kaki bengkak pada ibu hamil sering terjadi pada sore hari setelah ibu beraktivitas, terlebih aktivitas yang membuat ibu hamil berdiri. Pembengkakan pada kaki akan semakin parah saat bangun tidur, dikarenakan pada saat banagun tidur cairan akan banyak berkumpul di kaki.

Semakin besar usia kehamilan kaki bengkak akan sering muncul, dan ini disebabkan karena janin dalam kandungan ibu hamil yang kian lama makin besar. Janin yang kian laama semakin besar menghambat pembuluh darah balik sehingga cairan akan lebih banyak berkumpul di kaki.Selain terjadi di kaki, bengkak dapat terjadi pula di mata, muka, leher bahkan tangan.

Cara mengatasinya
  • Saat duduk, posisikan kaki lebih tinggi daripada jantung, sehingga dapat membantu mengatur sirkulasi darah. Apabila Anda dalam posisi tidur, gunakan ganjalan bantal pada kedua kaki agar posisinya lebih tinggi dari kepala dan jantung Anda.
  • Jangan memaksakan berdiri terlalu lama saat kehamilan semakin besar bila Anda merasakan rasa pegal. Pegal yang dirasakan adalah tanda peredaran darah Anda dan otot Anda mengalamai kelelahan.
  • Pada saat tidur, posisikan badan Anda miring ke kirin karena pembuluh darah balik ada di bagian kanan tubuh yang membuat tekanan pada tubuh berkurang.
  • Pada saat berenang, berjalanlah di dasar kolam karena daya apung dari kolam akan mengangkat bayi sehingga dapat mengatur peredaran darah secara normal.
  • Berolahragalah secara rutin selama kehamilan karena selain dapat membantu menjaga kesehatan, olahraga juga akan membantu mengatasi keluhan kehamilan serta mempersiapkan persalinan pada saat latihan pernapasan.
  • Jangan menggunakan sepatu yang kekecilan karena dapat menghambat peredaran darah Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »