15 Penyebab Keputihan Pada Wanita

Apakah Anda tahu penyebab keputihan pada wanita? Wanita yang telah mengalami menstruasi atau datang bulang terkadang memang mengalami masalah keputihan. Keputihan yang sedang Anda alami lumrah tapi perlu diketahui bahwa keputihan dibagi menjadi dua, yaitu keputihan yang tidak berbahaya dan keputihan yang berbahaya. Salah satu ciri keputihan yang berbahaya adalah adanya bau busuk yang berwarna coklat kehijauan sehingga menimbulkan rasa gatal pada organ kewanitaan.

15 Penyebab Keputihan Pada Wanita


Selain keputihan yang berbahaya ada juga keputihan yang tidak berbahaya yang memiliki ciri ciri warna yang bening, tidak bau, dan juga tidak gatal. Oleh karena itu, mari kita ulas penyebab keputihan pada wanita.



15 Penyebab keputihan pada wanita

1. Tisu
Sering menggunakan tisu setelah buang air kecil menjadi salah satu faktor penyebab keputihan. Disarankan untuk menggunakan air bersih guna membasuh organ kewanitaan. Setelah itu barulah Anda menggunakan tisu supaya celana dalam tidak basah dan tidak lembab yang menyababkan keputihan.

2. Celana dalam yang ketat dan berbahan sintetis
Celana dalam yang ketat dan berbahan sintetis tidak dapat menyerap keringat dengan baik, pilihlah jenis celana dalam berbahan katun agar keadaan celana dalam tetap kering.

3. Pantyliner
Pada saat mengalami keputihan jangan menggunakan pantyliner karena dapat membuat celana dalam Anda menjadi lembab. Sebaiknya gunakan pantyliner maksimal selama empat jam.

4. Membilas dengan cara yang salah
Janganlah membilas dari arah belakang ke depan, tapi dari arah sebaliknya. yaitu bilas dengan dari arah depan ke balakang agar bakteri yang terdapat di anaus tidak sampai ke organ intim wanita.

5. Penggunaan handuk dan celana dalam yang salah
Jangan gunakan handuk dan celana dalam bersamaan dengan orang lain.

6. Kurangnya kebersihan organ intim
Minimal gantilah celana dalam Anda dua sampai tiga kali sehari. Dan rajin membersihkan pada saat selesai buang air kecil.

7. Pekerjaan yang terlalu berat juga dapat menimbulkan kelelahan fisik sehingga berakibat pada keputihan pada organ intim wanita. Untuk itu jagalah kesehatan tubuh apabila memang sudah dirasa lelah sebaiknya Anda beristirahat dan tak ada salahnya sesekali melakukan treatment atau perawatan kesalon kecantikan. Pada saat kesalon Anda dapat memilih jenis perawatan seperti pijat refleksi, totok wajah, creambath dan masih banyak lagi lainnya tergantung kebutuhan.

8. Faktor psikis seperti depresi dan juga stress juga dapat memicu terjadi keputihan yang semakin parah. Untuk menghindari hal tersebut tak ada salahnya jika Anda sesekali melakukan refresing pergi kepantai atau gunung. Selain menghilangkan penat bekerja juga dapat mengembalikan pikiran menjadi inpirasi untuk giat bekerja setelah melakukan liburan.

9. Keputihan juga berhubungan dengan pola hidup dan juga pola makan yang tidak teratur serta seimbang. Anda harus menjaga pola makan dan juga pola hidup yang seimbang dengan begitu maka kesehatan akan terjaga dan keputihan pun dapat segera diatasi. Misalnya saja akan lebih baik jika rajin mengkonsumsi buah dan juga sayur agar kesehatan terjaga.

10. Alangkah baiknya jika Anda setiap pada satu pasangan dan sebelum melakukan kegiatan seksual didahulu dengan menikah. Dengan cara ini akan menjadi lebih aman dalam menjalani kehidupan seksual. Perlu Anda ketahui bahwa menjalani kegiatan seksual dengan berganti-ganti pasangan selain dapat menimbulkan keputihan juga dapat terkena penyakit seksual yang berbahaya.

11. Jika Anda mandi sebaiknya hindari mandi dengan menggunakan air hangat. Hal ini karena dapat berpotensi terjadinya keputihan. Untuk itu sebaiknya menghindari mandi dengan air hangat dan mulai mandi dengan air dingin.

12. Ada suatu riwayat penyakit yang berhubungan langsung dengan organ kewanitaan. Untuk itu apabila terjangkit penyakit seperti ini sebaiknya langsung konsultasikan kedokter. Dengan rajin berkonsultasi dan berobat maka diharapkan dapat segera disembuhkan agar tak berkepanjangan.

13. Dalam diri wanita tersebut memiliki ketidak seimbangan hormon yang berakibat pada keputihan yang terjadi. Sehingga ada baiknya jika mencari tahu dan segera berkonsultasi kedokter untuk menjaga keseimbangan hormon.

14. Kebiasaan menggaruk vagina yang terasa gatal juga akan memperparah keputihan tersebut berlangsung parah. Untuk itu sebaiknya diobati dan jangan di garuk ketika vagina mengalami gatal dan panas.

Baca juga : cara mengatasi keputihan

Itu dia penyebab keputihan pada wanita yang seharusnya Anda ketahui agar meminimalisir terjadinya keptuhan pada Anda. Alangkah baiknya anda juga mengetahui cara mengatasi keputihan bila Anda sedang mengalami keputihan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »