Tips dan Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Bau ketiak atau bau badan memang tidak enak dihirup, apalagi bila sampai tercium oleh orang lain tentunya akan sangat mengganggu orang lain dan membuat kita tidak percaya diri. Selain itu ternyata bau ketiak disebabkan juga oleh faktor keturunan yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Tapi tenang saja, karena kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan bau ketiak dengan cara yang mudah dilakukan dan tentunya praktis.



tips menghilangkan bau ketiak


Banyak sekali cara untuk menghilangkan bau badan seperti menggunakan deodoran, parfum, dan menggunakan sabun atau pewangi lainnya tapi itu hanya bersifat sementara dan tidak permanen

Untuk menanganinya penting untuk mengetahui bagaimana bau badan dapat terjadi. Mandi yang tidak bersih dapat menyebabkan bau badan yang disekresikan oleh kalenjar apokrin yang terletak di ketiak, alat kelamin, dan sekitar puting susu. Kalenjar ekirin terdapat di ketiak, tangan, dan kaki saat berinteraksi dengan bakteri kulit. Kalenjar sebaceouc yang terletak di kulit kepala, wajah, dan dada menghasilkan minyak yang menyebabkan bau tak sedap.

Berikut perawatan rumahan untuk mencegah keringat berlebih dan bau ketiak yang dapat Anda lakukan di rumah sehingga menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering.

1. Mencukur ketiak

Rambut atau bulu ketiak dapat membuat bakteri berkembang dan menyebabkan bau ketiak. Bulu ketiak ini berpori dan mudah menyerap bau, bahkan dapat memperlambat penguapan keringat.

2. Ganti sepatu

sepatu


Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah bau badan berasal dari ketiak saja, padahal tidak. Justru salah satu penyebab bau ketiak berasa dari kaki. Mengganti sepatu akan mencegah bau terkonsentrasi di satu daerah saja.

3. Gunakan daun sirih

daun sirih


Daun sirih selain dapat digunakan untuk menghilangkan bau di daerah keintiman juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak di tubuh anda.


  • Rebus terlebih dahulu  daun sirih yang akan digunakan.
  • Gunakan 3 sampai 5 lembar daun sirih segar, lalu rebus menggunakan 2 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih dan biarkan air menguap hingga air tersisa kurang lebih 1 gelas saja.
  • Selanjutnya, anda dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Selain dikonsumsi, cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan air rebusan daun suruh untuk mandi. Caranya dengan merebus 30 lembar daun sirih ke dalam air secukupnyha sampai mendidih.
Campurkan air rebusan dengan air dingin biasa dan gunakan untuk mandi.

4. Jahe


jahe


Caranya cukup unik yaitu dengan menggosokan jahe pada ketiak anda. Tapi jangan lupa, jahenya dipotong atau dibelah terlebih dahulu. Selain itu dapat juga dengan meminum wedang jahe setiap harinya.

5. Cengkih

cengkih


Rendam cengkih dengan air dan tunggu sampai mengembang, lalu tambah gula dan setelah beberapa jam silakan dikonsumsi.

6. Menjaga kebersihan badan


mandi


Dengan menjaga kebersihan badan maka akan membuat bau badan berkurang. Cukup dengan mandi 2 sampai 3 kali sehari. Bisa juga gunakan sabun atau jenis pembersih agar bakteri dalam tubuh hilang dan tidak menyebabkan bau badan.

Nah, itu tadi adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Bagaimana? Mudah dicari dan digunakan bukan, terlebih lagi bahan alami tersebut merupakan rempah-rempah yang bisa didapatkan dengan mudah serta tidak sulit untuk dicari.

Semoga bermanfaat, jangan lupa like, share, dan komen ya!! Karena komen, like, serta share kalian memberikan kami energi positif untuk terus menginformasikan artikel kesehatan bermanfaat buat para pembaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »